blogkombecks
Sedang memuat...

Tips Aman dan Nyaman Mudik Lebaran

Lebaran sebentar lagi, Anda tentu saat ini sudah bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman menemui sanak saudara. Bagi Anda yang kampungnya berjarak 1-2 jam mungkin tidak butuh persiapan khusus, namun jika harus mudik sampai belasan jam hingga hitungan hari kondisi fisik harus benar-benar diperhatikan, terlebih jika menggunakan kendaraan pribadi.



Apa saja yang harus Anda persiapkan sebelum mudik? berikut KOMBECKS akan bagikan tips aman dan nyaman mudik saat lebaran:

1. Kesehatan
Pastikan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat dan fit terutama pengendaranya. Jangan lupa siapkan obat-obatan dan P3K, ini akan sangat berguna jika tiba-tiba membutuhkan. Bagi pengendara sempatkanlah berolahraga dan istirahat yang cukup sebelum berangkat agar kosentrasi tetap terjaga.

2. Kondisi kendaraan.
Sebelum mudik usahakanlah datang ke bengkel untuk mengecek kondisi kendaraan Anda. Menggunakan jasa mekanik akan membuat Anda tidak merasa was-was ketika dalam perjalanan. Jika anda menggunakan mobil jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serap, segitiga pengaman, kunci roda palang, dan senter.

Bagi kendaraan bermotor tidak ada salahnya anda juga membawa tool kit, kalau bisa yang beli sendiri, karena tool kit bawaan kurang lengkap. Bawa juga ban dalam cadangan dan pompa injak portabel. Ini akan sangat berguna jika dalam perjalanan ban motor Anda bocor sementara tambal ban masih jauh. Jika tidak mau "buka bengkel" dadakan dipinggir jalan, ada baiknya Anda pertimbangkan membeli cairan anti ban bocor yang banyak beredar di toko alat-alat motor. Cairan ini setidaknya bisa menahan keluarnya angin ban walau sudah tertembus beberapa paku sekaligus. Pastinya, Anda juga terhindar dari aksi tebar baku dijalanan dan tarif tambal ban yang dengan sengaja dinaikkan oleh beberapa oknum tukang tambal ban.

3. Peta Mudik
Bagi Anda yang kurang hafal jalan, sebaiknya Anda siapkan peta mudik. Bisa dengan memanfaatkan aplikasi GPS yang ada pada gadget Anda atau dengan peta mudik yang disiapkan pihak kepolisian. Dengan peta mudik dari kepolisian Anda bisa tahu jalan-jalan alternatif jika nanti jalan utama mengalami kemacetan. Selain itu Anda juga bisa prediksi berapa biaya bahan bakar, titik posko keamanaan untuk istirahat dan lainnya.

Anda bisa juga meminta pada Jasa Marga, biasanya mereka membuat semacam leaflet yang dibagikan secara gratis yang berisi info mudik seperti daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, ATM di sepanjang rute perjalanan mudik.

4.  Bawalah air bersih dan sabun
Maksimal 5 liter saja. Air ini akan sangat berguna untuk menambah air radiator kendaraan Anda. Disamping itu air ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain seperti mencuci tangan sehabis mengganti ban atau mengganti popok bayi. Jangan lupa bawa juga lap tangan atau tisu.

5. Bawalah makanan
Sebelum mudik ada baiknya Anda membawa makanan untuk bekal diperjalanan. Pilihlah makanan yang bisa dimakan sambil diperjalanan. Hal ini untuk antisipasi jika rumah makan masih jauh sementara perut sudah kriuk-kriuk.

6. Packing barang dengan benar
Saat menyusun barang dikendaraan usahakan untuk menyusun barang berdasarkan prioritas kebutuhan. Jika barang yang sering dibutuhkan diperjalanan ditempatkan diposisi yang mudah dikeluarkan tanpa harus membongkar semua barang. Khusus untuk pengendarakan motor, jangan membawa barang terlalu banyak agar tidak membahayakan.

7. Pastikan membawa ponsel dan charger
Sebelum berangkat charge ponsel Anda dan anggota keluarga yang lain hingga penuh. Jangan lupa bawa charger, hal ini akan sangat berguna jika diperjalanan ponsel Anda kehabisan baterai. Jika dikendaraan tidak terdapat colokan usb sebagai sumber daya charger, jangan lupa membawa powerbank. Selain itu sebaiknya anggota keluarga menggunakan kartu sim ponsel yang berbeda untuk mengantisipasi blank sinyal diperjalanan.

[next] 8. Pertimbangkan dengan baik jam keberangkatan
Anda bisa memilih berangkap pagi hari atau sore hari. Jika Anda memiliki anak yang rewel dan agak bandel ada baiknya pertimbangkan berangkat sore, agar pada malam hari mereka bisa tidur dengan tenang dan tidak menganggu konsentrasi pengendara. Bagi Anda yang mudik dengan mobil tua dan tidak ber-AC berangkat sore adalah pilihan terbaik.

9. Nomor Kontak
Sebelum Anda berangkat, jangan lupa untuk meninggalkan nomor ponsel Anda kepada tetangga atau ketua RT tempat Anda tinggal. Jika terjadi sesuatu mereka bisa segera menghubungi Anda. Selain itu, simpanlah nomor-nomor penting, seperti mobil derek dan polisi terdekat.

10. Sediakan uang tunai secukupnya
Saat mudik, Anda tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak karena saat ini ATM sudah ada dimana-mana.

11. Bawalah hiburan favorit Anda
Jika Anda hobi menonton film tidak ada salahnya anda membawa DVD film favorit Anda. Bagi Anda yang suka main gadget, silahkan dibawa. Bagi anak-anak bawa juga konsol game portabel Anda. Ini akan sangat berguna saat Anda mulai merasa jenuh.

12. Gunakan stiker komunitas Anda
Stiker ini akan menjadi penghubung antara Anda dan anggota komunitas lainnya diperjalanan. Berdasarkan pengalaman, tak sedikit pengendara yang memilih berhenti dan mencoba membantu saat melihat kendaraan dengan logo komunitas yang terkait dengan mereka. Contoh serupa bisa kita lihat pada komunitas vespa jadul. Mereka mendadak menjadi saudara ketika melihat ada pengguna vespa lain yang mogok dijalan.

13. Siapkan radio
Bagi Anda mengendara roda empat, tidak perlu pusing lagi karena di mobil sudah ada radio. Bagi Anda pengendara roda dua ada baiknya ponsel Anda memiliki fitur radio, jika tidak bawalah radio saku. Ini akan sangat berguna untuk mendapatkan informasi terkini tentang jalur yang sedang Anda lewati.

14. Jangan lupa berdoa
Sebelum berangkat jangan lupa semua anggota keluarga berdoa agar diberikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan sepanjang perjalanan. Bagi pengendara, berhati-hatilah berkendara, ingat keluarga Anda menanti dirumah.
Lifestyle 5336316674244652695

Beranda item

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *