blogkombecks
Sedang memuat...

Bupati Bengkalis Buka Festival Lampu Colok 2023

Bengkalis - Senin (17/04), Bupati Kabupaten Bengkalis Kasmarni, S.Sos, M.MP membuka festival lampu colok 2023 di Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis.


Festival lampu colok ini diikuti peserta dari 29 lokasi yang mayoritas berada di Kecamatan Bengkalis, Kecamatan Bantan, dan  Kecamatan Bukit Batu. Untuk tahun ini festival lampu colok dipusatkan di Desa Pangkalan Jambi, Kecamatan Bukit Batu.



Festival lampu colok ini telah berlangsung secara turun temurun oleh masyarakat Bengkalis yang biasanya dilangsungkan setiap malam ke-27 ramadhan atau bisa juga disebut dengan malam tujuh likur. Berbagai macam desain lampu colok ditampilkan, mayoritas adalah bergambar mesjid.


Tak hanya itu, Festival Lampu Colok Bengkalis telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemen Dikbud Ristek) RI pada Desember 2021. Festival ini didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis.


Pada tahun ini panitia telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp63 juta. Juara I akan mendapatkan hadiah Rp15 juta, juara II Rp13 juta, juara III Rp11 juta. Kemudian juara harapan I sebesar Rp9 juta, harapan II Rp8 juta dan juara harapan III akan mendapatkan hadiah sebesar Rp7 juta.


Pemilihan Desa Pangkalan Jambi sebagai lokasi pembukaan Festival tahun ini karena desa ini merupakan pemenang ketiga pada tahun lalu. 


Budaya 5886988505421423714

Beranda item

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *